EFISIENSI PEMASARAN CABE RAWIT (Capsicum spp) DI KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

https://doi.org/10.53952/jar.v1i1.4

Authors

Keywords:

cabe rawit, efisiensi, pemasaran

Abstract

 

Tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui saluran dan efisiensi pemasaran cabe rawit di Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian dilakukan di Kecamatan Suralaga dengan mengambil tiga desa sebagai desa penelitian yaitu Desa Tebaban, Desa Bagik Payung, dan Desa Bagik Payung Selatan, dengan pertimbangan bahwa ketiga desa tersebut memiliki luas lahan, produksi dan produktivitas tertinggi diantara desa yang lain. Adapun responden yang digunakan sebanyak 30 responden ditentukan secara proposional random sampling. Berdasarkan hasil penelitian terdapat tiga lembaga pemasaran cabe rawit yakni lembaga pemasaran I dengan Ep 0.08 persen, kemudian lembaga pemasaran II dengan Ep 5.17 persen, dan lembaga pemasaran III dengan nilai Ep 9.00 persen. Dapat disimpulkan bahwa efisiensi pemasaran cabe rawit di Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur berada dibawah atau kurang dari 50 persen, sehingga dinyatakan efisien.

Published

30-06-2021