EFISIENSI SALURAN PEMASARAN DAN TINGKAT MARGIN YANG DIPEROLEH PETANI MELON DI KECAMATAN PRAYA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Authors

Keywords:

efisiensi, melon, pemasaran, saluran

Abstract

Melon merupakan komoditas buah unggulan nasional yang dibutuhkan bagi masyarakat. Dalam pemasaran buah melon seringkali ditemukan petaani yang merasa dirugikan dari rendahnya harga melon, padahal permintaan akan buah melon selalu tinggi. Oleh karena itu, pemasaran buah melon harus dilakukan secara efisien agar dapat memperoleh keuntungan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran buah melon yang paling efisien diantara saluran pemasaran lain serta dapat mengetahui tingkat margin pemasaran yang diterima petani melon. Penentuan lokasi penelitian ditetapkan di tiga desa yang ada di Kecamatan Praya Timur antara lain Desa Semoyang, Ganti dan Sengkerang. Sampel responden adalah petani melon yang berjumlah 30 orang dengan pengambilan sampel dengan teknik Quota Sampling,sedangkan sampel pedagang perantara ditentukan menggunakan teknik proposional random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga jenis saluran pemasaran yang digunakan dalam menjual hasil buah melon di Kecamatan Praya Timur. Saluran pemasaran I meliputi petani, pengepul, pedagang besar, pengecer, dan konsumen. Saluran pemasaran II meliputi petani, pengepul, pengecer dan konsumen. Sedangkan saluran pemasaran III meliputi petani, pengecer dan konsumen. Saluran pemasaran pada penelitian ini tidak ada yang efisien karena nilai rata-rata yang tidak sama.

Published

30-12-2023