RESPON PETANI TERHADAP PENGGUNAAN PUPUK ORGANIK CAIR PADA USAHATANI PADI DI DESA JURIT BARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR

https://doi.org/10.53952/jar.v3i2.243

Authors

Keywords:

Respon,, Petani,, Pupuk Organik Cair, Respon petani

Abstract

Indonesia dikenal sebagai negara yang mengandalkan sektor pertanian. Pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat dominan karena mayoritas penduduk Indonesia bekerja sebagai petani. Kecamatan Pringgasela adalah salah satu pengembang padi di Kabupaten Lombok Timur. Penggunaan pupuk organik cair sebagai alternatif pupuk kimia semakin populer di kalangan petani. Petani yang mencari alternatif untuk menekan biaya produksi terutama kebutuhan terhadap pupuk kimia, salah satunya adalah dengan menggunakan pupuk organik cair..
Rumusan masalah dari penelitian ini bagaimana respon petani terhadap penggunaan pupuk organik cair pada usahatani padi di Desa Jurit Baru Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur. Tujuan penelitian untuk mengetahui respon petani terhadap penggunaan pupuk organik cair pada usahatani padi di Desa Jurit Baru Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan tempat penelitian di Desa Jurit Baru Kecamatan Pringgasela. Penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan pendekatan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data berupa data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan merupakan analisis deskriptif yang di analisis dengan menggunakan skala likert.
Berdasarkan hasil penelitian. Respon petani terhadap penggunaan pupuk organik cair pada usahatani padi di Desa Jurit Baru Kecamatan Pringgasela Kabupaten Lombok Timur dapat dilihat melalui tiga komponen, yaitu kognitif, afektif dan konatif. Berdasrkan hasil analisis respon kognitif, afektif dan konatif rata-rata berada pada kategori tinggi atau 3. Melihat tingginya respon petani terhadap penggunaan pupuk organik cair pada usahatani padi, diharapkan kepada petani padi agar tidak ragu menggunakan pupuk organik cair dalam membudidayakan tanaman padi. Diharapkan juga kepada para petani padi yang ada di Desa Jurit Baru Kecamatan Pringgasela untuk lebih kreatif sehingga mampu meningkatkan peroduksi padi yang lebih maksimal.

Sosial Ekonomi Pertanian Berbasis Potensi Wilayah

Published

30-12-2023